Sabtu, 27 November 2010

Biasakan Anak Makan Sehat dari Rumah


Penulis : prita daneswari

Biasakan Anak Makan Sehat dari Rumah timeinc.net
MAKANAN ringan yang dikemas menarik dengan warna dan gambar-gambar lucu tentu merupakan salah satu strategi untuk menarik minat anak supaya membeli produk tersebut. Namun, jangan khawatir ada siasat lain untuk membiasakan anak agar dapat memilih makanan yang sehat.

1. Jadikan diri sebagai contoh
Anak-anak cenderung akan mengambil contoh dari orang tuanya. Maka itu, jadikan diri Anda sebagai orang yang gemar makanan sehat. Perlihatkan anak cara Anda memilih makanan, makan di meja makan, dan tak pernah melewatkan waktu makan.

2. Libatkan anak
Bila Anda menghidangkan masakan, anak pastinya tinggal memilih apa yang ingin mereka makan. Kenapa Anda tidak mengajak si kecil untuk membantu Anda memasak. Misalnya dengan membantu memilihkan buah atau jenis masakan apa yang akan dibuat.

3. Dimulai sejak belia
Sebenarnya tak hanya anak, orang dewasa pun banyak yang masih memilih-milih makan. Maka itu, ada baiknya anak Anda diajarkan mengenai pilihan makanan sehat sejak kecil agar ia paham dan terbiasa. Anda bisa memulai dengan memberikan ia pilihan makanan. Bila anak menolak suatu makanan, jangan paksakan mereka untuk makan, tapi coba tawarkan ia untuk mencicipinya terlebih dahulu.

4. Jangan hadiahkan makanan
Jangan berikah hadiah berupa makanan kepada anak atas prestasi mereka. Karena, bila terbiasa mereka akan cenderung menjadikan makanan sebagai pelampiasan emosi. Bahkan bila mereka beranjak dewasa. Anda bisa memberikan hadiah lain berupa pelukan hangat, pujian, dan perhatian.

5. Jadikan anak aktif
Batasi aktivitas di depan televisi dan komputer. Otomatis, kegiatan mengemil pun akan berkurang dan mereka akan mencari aktivitas lain. Selain itu, membatasi waktu menonton TV juga bisa mempererat hubungan anak dan Anda melalui kegiatan lainnya seperti mengobrol dan bermain bersama. (Pri/OL-06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar